Selasa, 06 April 2010

Kenapa diperlukan Hak Cipta untuk produk TI…???

Salam sejahtera bagi kita semua, saya sebagai penulis blog ini. Ingin memberikan pandangan sederhana saya terhadap judul saya yaitu "Kenapa diperlukan Hak Cipta untuk produk TI…???". Terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu sebuah hak cipta.

Berdasarkan pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta: Hak Cipta adalah bentuk kekayaan intelektual yang memberikan pemegangnya hak hukum tunggal untuk menyalin karya-karya mereka ekspresi asli, seperti karya sastra, film, karya musik atau rekaman suara, lukisan, program komputer, atau desain industri, untuk didefinisikan jangka waktu tertentu.

Hak cipta tidak mencakup ide-ide atau fakta, melainkan hanya ekspresi tertentu dari sebuah ide. Sebuah hak cipta pada kartun Mickey Mouse, misalnya, tidak akan mencegah orang lain dari menciptakan karya-karya artistik tentang berbicara tikus, tetapi hanya membatasi hak-hak mereka untuk mendistribusikan film kartun Disney asli dan kemampuan mereka untuk menciptakan karya turunan menyalin yang khusus berbicara terlalu dekat mouse.

Maka kita dapat berkesimpulan bahwa, dengan adanya sebuah undang-undang yang mengatur tentang hak cipta. Seluruh hasil karya baik dari sebuah perusahaan atau individu itu sendiri memiliki kekebalan atau payung hukum yang tetap terhadap hasil karya mereka sendiri. Jika terjadi sebuah Plagiat/Pembajakan terhadap sebuah barang yang bukan milik mereka, maka pelaku akan mendapatkan hukum beserta sanksi. Lalu apakah produk TI memerlukan sebuah hak cipta, saya rasa perlu. Karena segala macam produk TI memiliki nilai tinggi karena tidak sembarang orang yang dapat menciptakan produk tersebut. Produk tersebut memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses produksinya ataupun pengembangannya. Sayang sekali jika seseorang yang tidak bertanggung jawab memperbanyak produk tersebut tanpa seizin sang pencipta produk tersebut.

Sekian terima kasih, saya atas nama penulis blog ini ingin meminta Kritik dan saran kepada saudara sekalian. Untuk dapat menjadi proses pembelajaran saya, dalam menulis artikel-artikel selanjutnya. Wassalam

Tidak ada komentar: