Selasa, 06 April 2010

Jenis-jenis ancaman (threats) yang dapat dilakukan akibat menggunakan melalui IT


Apa yang dimaksud dengan keamanan dalam TI, “Keamanan” merupakan sebuah sistem untuk melindungi teknologi informasi dari akses yang tidak berhak dan kegagalan sistem yang bisa mengakibatkan kerusakan komputer atau kehilangan data. Jika terjadi kejahatan yang dapat mengancam keamanan tersebut di dunia cyber, disebut apakah kejahatan tersebut.

Kejahatan dunia maya (Inggris: cybercrime) adalah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan. Termasuk ke dalam kejahatan dunia maya antara lain adalah penipuan lelang secara online, pemalsuan cek, penipuan kartu kredit, confidence fraud, penipuan identitas, pornografi anak, dll.

Jika kita telah mengenal definisi dari cybercime itu apa, lalu apakah cybercrime itu memiliki beberapa katagori. Ternyata Cybercrime memiliki jenis-jenis katagori, diantaranya :
  1. A computer can be the object of Crime.
  2. A computer can be a subject of crime.
  3. The computer can be used as the tool for conducting or planning a crime.
  4. The symbol of the computer itself can be used to intimidate or deceive
Menurut anda jika anda sudah mengetahui terdapat beberapa katagori jenis-jenis cybercrime, lalu apa yang harus kita lakukan sebagai seorang yang awam terhadap teknologi apa yang dapat mencegah tindakan cybercrime tersebut.
Ada beberapa cara yang mungkin secara umum kita kenal untuk melindungi asset pribadi kita yaitu Perangkat Lunak (software) Antivirus, Firewall, Password, Autentifikasi Biometrik, dan Enkripsi.

Tidak ada komentar: