Minggu, 20 Juni 2010

SISTEM TESTING dan IMPLEMENTASI

Perkenalan
Pada bab ini menjelaskan tentang pengujian sistem dan tahap-tahap implementasi. Pada tahap percobaan ini melibatkan beberapa perubahan dari tahap-tahap pembuatan desain yang sebelumnya dan pengujian sistem telah dilakukan untuk meminimalkan pemrograman dan sistem error. Kebutuhan sistem pada tahap implementasi seperti ini contohnya yaitu hardware dan software yang akan ditentukan.

Pengujian Sistem
Menguji sistem adalah tahap yang sangat penting untuk meyakinkan bahwa semua kebutuhan sistem telah dikembang tanpa adanya error. Pengujian sistem dapat dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu:
Pengujian unit atau pengujian komponen
Pengujian ini dapat dilakukan selama pengembangan dari sistem. Setiap komponen, script atau module pengujian untuk memisahkan dari yang komponen-komponen atau unit yang lain dengan cara mengecek input dan outputnya.
Pengujian Integrasi
Integrasi diantara komponen akan diuji dan apabila dalam hal ini terdapat error maka komponen akan diuji kembali.
Pengujian penerimaan pengguna
Pengujian dilakukan oleh pengguna yang meminta untuk mengembangkan sistem.
Pengujian keamanan pada sistem

1. Pengujian Unit
Pengujian unit fokus pada pengujian modul, script atau komponen yang telah didesain melalui PHP, JavaScript, atau Applet.
2. Pengujian Integrasi
Kebutuhan fungsional dan non-fungsional diuji untuk mencari parcel mode dengan memasuki parcel ID, maka sistem akan menampilkannya dan data dapat digunakan untuk registrasi yang baru.
3. Pengujian Penerimaan Pengguna
Pengguna yang berpotensi menilai sistem untuk menampakkan error dan kelalaian pada kebutuhan sistem yang didefinisikan pada tahap pengembangan sistem sebelumya.
4. Pengujian Pengguna dan Analisis Kuisioner
Dalam buku petunjuk telah diserahkan dengan hasil evaluasi kuisioner dengan menggunakan sistem yang telah diuji dan analisis dari hasil kuisioner telah selesai.

a. Analisis dari Evaluasi Tampilan Pengguna
Bekerja dengan tampilan pengguna sistem apapun tergantung pada latar belakang pengguna komputer dan pemahaman tentang lingkungan sistem.





b. Evaluasi Analisis yang Berkaitan dengan Fitur
Diagram ini menunjukan evaluasi dari pengujian akurasi (ketepatan) data geografis (map) sebagai data akurasi (ketepatan) adalah bagian hal yang paling penting dari suskses berjalannya sebuah aplikasi GIS. Bar chart menunjukan frequensi yang baik untuk pengujian akurasi dalam area parcel, batas, dan lokasi.

Implementasi Sistem
Sistem implementasi menggambarkan pengembangan alat-alat yang telah digunakan dalam pengembangan sistem ini.
1. Pengembangan Sistem
Bagian ini menjelaskan bahasa pemrograman dan alat-alat yang telah digunakan untuk mengembangkan sistem. Sistem yang dikembangkan seperti halaman web mapping menggunakan server peta dan PHP sebagai inti dari teknik bahasa pemrograman.
2. Coding
Coding adalah proses mengubah desain web mapping untuk infomasi survey penyelidikan batas-batas tanah menjadi instruksi-instruksi yang spesifik agar sistem komputer dapat mengerti dan melaksanakannya.
3. Keamanan Sistem
Sistem keamanan penggunaannya sangat penting dalam sistem ini, saat sistem berjalan dilingkungan jaringan internet. Pengguna terdiri dari tiga tipe group. Posisi tertinggi pada group pertama yaitu sistem administrator dan posisi kedua adalah manager dan yang terakhir adalah group member yang di daftarkan sebagai staff pengguna.

Ringkasan
Bagian ini menyelidiki tentang pengujian sistem dan implementasinya, yang menunjukkan tipe dasar yang cocok digunakan untuk pengujian sistem yang dimulai dari pengujian unit, diikuti dengan pengujian komponen atau modul. Pada tahap akhir dalam pengembangan sistem adalah implementasi dimana petunjuk penggunaan menunjukkan langkah demi langkah dalam penggunaan sistem.

Tidak ada komentar: