Senin, 12 Oktober 2009

pengantar telematika

Orang Indonesia ternyata sering menggunakan bahasa Indonesia yang dikenal dengan Telematika. Asal mulanya kata telematika berasal dari istilah dalam bahasa Perancis yaitu TELEMATIQUE yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Selain itu istilah telematika dapat diartikan merujuk pada hakekat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika.

Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merupakan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi. Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan arti dari TELECOMMUNICATION dan INFORMATICS yang merupakan perpaduan konsep Computing dan Communication. Istilah telematika juga dikenal dengan kata lain the new hybrid technology yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini sangat memicu terhadap perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika yang menjadi popular dengan istilah lain yaitu konvergensi. Pada awalnya media masih belum menjadi bagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi dan komunikasi pada saat itu.

Akhir-akhir ini baru disadari bahwa penggunaan sistem computer dan sistem komunikasi ternyata juga menghadirkan Media Komunikasi baru yaitu lebih jauh lagi dengan istilah TELEMATIKA yang kemudian dapat diartikan pada perkembangan konvergensi antara teknologi TELEKOMUNIKASI, MEDIA dan INFORMATIKA yang pada awalnya masing-masing dari tersebut berkembang seacara terpisah. Konvergensi TELEMATIKA kemudian dapat dipahami sebagai sistem elektronik yang berbasiskan teknologi digital atau the net. Dalam perkembangannya istilah Media dalam TELEMATIKA berkembang menjadi wacana MULTIMEDIA. Hal ini memang sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah Multimedia pada awalnya adalah terdapat pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Jika istilah TELEMATIKA dalam suatu ambiguitas dapat dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), TELEMATIKA, MULTIMEDIA, maupun Information and Communication Technologies (ICT) mungkin sangat tidak jauh berbeda maknanya, akan tetapi sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.

Tidak ada komentar: